Baca Tips Perhitungan Biaya dengan Pemborong Jogja, Simak Berikut Ini

Pemborong Jogja – Membangun rumah hingga renovasi tetap memerlukan jasa pemborong. Agar setiap pekerjaan bisa dijalankan dengan baik, Anda tetap memerlukan jasa mereka. Supaya tidak perlu repot mencari tukang bangunan serta bahan material yang diperlukan. 

Baca Tips Perhitungan Biaya dengan Pemborong Jogja, Simak Berikut Ini
Baca Tips Perhitungan Biaya dengan Pemborong Jogja, Simak Berikut Ini (Foto: Engin Akyurt)

Karena semuanya akan diurus oleh pihak pemborong Jogja.

Pekerjaan Pemborong Jogja

Dalam melakukan pembangunan rumah, penyedia jasa pemborong rumah akan mengurus semua hal-hal yang diperlukan. Misalnya, tukang bangunan, material bangunan, seperti batu kali, semen, pasir, bata merah, besi atau baja. 

Paku, dan material bangunan lainnya, serta fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan rumah. Semisal sumber air bersih, saluran pembuangan, instalasi listrik dan utilitas bangunan lainnya.

Anda hanya perlu membayarkan yang sudah dihitung sesuai kesepakatan dengan pihak pemborong. Untuk perhitungan biaya pembangunan rumah tersebut, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting. 

Seperti lokasi tanah, tipe rumah dan ukurannya, denah, dan juga RAB bangunan. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

Lokasi tanah

Sebelum mulai membangun rumah, Anda perlu mengenali terlebih dahulu lokasi tanah atau lahan. Yang akan dibangun rumah, terlebih rumah memerlukan pondasi yang bagus dan berdiri di tanah yang keras.

Apakah lokasi yang akan dipakai tersebut adalah tanah rawa, tanah berpasir, tanah liat, lahan gambut atau jenis lahan lainnya. Dengan mengetahui informasi terkait jenis lahan tersebut, maka akan memudahkan Anda. 

Dan pihak pemborong dalam penentuan jenis pondasi yang akan dibangun, agar menghasilkan pondasi rumah yang kokoh dan memiliki kekuatan tinggi.

Pemilihan lokasi tanah dan juga pemasangan pondasi tersebut juga akan berpengaruh pada biaya. Yang perlu dikeluarkan, sehingga Anda perlu benar-benar cermat dalam mengatur keuangan.

Ukuran dan tipe rumah

Mulai dari awal akan dilakukan pembangunan, Anda harus sudah memastikan berapa ukuran serta tipe rumah. Yang akan dibangun, dimulai dari rumah tipe 36 m2, 70 m2, dan seterusnya. 

Selain itu, Anda juga perlu menentukan rumah yang akan dibangun tersebut memiliki 1 lantai saja atau akan dibangun dengan 2 lantai atau bahkan lebih.

Penentuan ukuran dan juga tipe rumah diawal ini akan memudahkan pihak pemborong Jogja. Dalam menghitung rincian biaya yang diperlukan, termasuk biaya tukang, banyaknya tukang yang diperlukan. Hingga material bangunan yang diperlukan dan sebagainya.

Sesuaikan ruangan yang dibangun dengan kebutuhan

Jika Anda ingin menekan biaya pembangunan agar tidak terlalu besar, maka Anda harus tahu jumlah ruangan yang dibutuhkan. Jangan membuat terlalu banyak ruang dalam rumah yang sekiranya tidak begitu diperlukan. 

Buat daftar terkait ruang apa saja yang Anda butuhkan di dalam suatu rumah, setelah itu akan dibuat rincian biaya yang diperlukan.

Buat RAB secara detail

Setelah mengetahui beberapa poin dalam pembangunan rumah yang Anda inginkan. Selanjutnya adalah pembuatan RAB (rencana anggaran biaya) secara detail. Dan buat daftarnya secara terperinci untuk mengantisipasi barangkali ada kelebihan biaya di bagian tertentu. 

RAB ini begitu penting dalam pembangunan rumah karena dijadikan sebagai acuan agar pengeluaran biaya tetap terkendali.

Demikian beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam perhitungan biaya saat akan membangun atau merenovasi rumah. Tentunya Anda dan pihak pemborong Jogja perlu bekerja sama dengan baik dalam mewujudkan rumah impian.Tapi tetap dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!